Selasa, 12 April 2011

Gelisah Dalam Hati Manusia


Kegelisahan, kegelisahan bisa juga diartikan sebagai keadaan hati yang tidak tenang dan tidak tentram, dalam hatinya ada sesuatu yang membuat dirinya merasa tidak nyaman dalam berfikir ataupun dalam melakukan tindakan. Kegelisahan biasanya terjadi ketika seseorang berada dalam kondisi tertekan, ancaman, bersalah, berdosa atau kondisi dimana itu bukanlah sesuatu yang normal yang biasanya terjadi. Penyebab dari munculnya kegelisahan itu sendiri menurut ilmiah adalah adanya sebuah sinyal yang dibuat oleh suatu bagian tertentu didalam otak yang disebut amygdala. Amygdala adalah bagian otak yang mengangani reaksi bila terjadi ancaman.


Salah satu contoh kegelisahan yang pernah terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika seseorang berbohong. Karena ketika seseorang berbohong maka tingkat rasa cemas yang tinggi takut terbongkar rahasianya membuat otak bereaksi dan menyalurkanya ke segala penjuru tubuh. Inilah salah satu penyebab kenapa ketika seseorang merasa gelisah maka beberapa dari bagian tubuhnya menunjukan reaksi yang tidak biasa, misal, memainkan ibu jari, atau menggerak-gerakan kaki, atau mulai berkeringat, dll. Kegelisahan juga menyebabkan seseorang menderita insomnia.


Kegelisahan dapat diatasi dengan menanamkan hidup damai dan rukun terhadap lingkungan baik di rumah maupun diluar rumah, menumbuhkan sifat jujur sehingga terhindar dari ketakutan yang membuat fikiran tidak baik, menghindari obat-obatan seperti narkoba yang dapat memicu rasa kecanduan dan gelisah apabila kehabisan obat, menghindari minuman keras yang beralkohol, dll. Dengan menanamkan hal-hal seperti diatas dapat mengurangi rasa gelisah yang berlebihan, walaupun sebenarnya pada dasarnya rasa gelisah dalam diri seorang manusia adalah sesuatu yang wajar dan pasti akan dialami jika berada dalam kondisi yang tidak normal. Akan tetapi dengan menerapkan hal-hal seperti diatas diharapkan sedikitnya dapat mengurangi rasa gelisah dan cemas yang berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Site Info

Text

discuss Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template