Selasa, 05 April 2011

Pandangan Hidup Manusia


Pengertian Pandangan Hidup Pandangan hidup adalah suatu pendapat atau pertimbangan manusia yang dijadikan pedoman atau arahan dalam melakukan segala sesuatu selama hidup di dunia. Pandangan hidup bisa berasal dari sejarah maupun waktu yang telah lampau, pandangan hidup bisa juga dari pengalaman manusia selama hidup di dunia. Asal pandangan hidup dari agama adalah pandangan hidup yang mutlak apa adanya, pandangan hidup berdasarkan ideologi adalah pandangan tersebut selalu disesuaikan berdasarkan norma atau kebudayaan yang berada pada negara tersebut, sedangkan pandangan hidup dari hasil renungan adalah pandangan hidup yang relatif kebenarannya. Unsur pandangan hidup :

  1. Cita-cita yang diinginkan dapat dicapai dengan usaha dan perjuangan. Cita-cita adalah keinginan, harapan dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran akan masa depan setiap manusia.

  2. Kebajikan adalah segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai dan tentram.

  3. Usaha dan perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita dilakukan dengan otak atau ilmu maupun tenaga atau jasmani.

  4. Keyakinan atau kepercayaan adalah hal yang terpenting dalam hidup manusia berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan.

3 aliran filsafat menurut Prof. Dr. Harun Nasution :



  1. Aliran Naturalisme aliran yang berspekulasi adanya Tuhan mengenai alam yang terbentuk. Dimana kekuasaan tertinggi adalah percaya kepada Tuhan melalui ajaran nabi dan pemuka agama.

  2. Aliran Intelektualisme pandangan hidup manusia yang dilandasi oleh keyakinan kebenaran yang diterima oleh akal.

  3. Aliran Gabungan (naturalisme dan intelektualisme) adalah gabungan antara perbuatan ghaib dan akal. Sehingga terjadi pandangan hidup sosialisme (logika) dan sosialisme (religius).

Dari sini maka dapat diambil kesimpulan bahwa manusia harus memiliki pandangan hidup agar hidupnya terarah menuju kearah yang benar.


sumber :http//www.docstoc.com/docs/74836688

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Site Info

Text

discuss Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template